Rabu, 19 Juni 2013

Dasar dasar menejemen ternak



Perilaku konsumen
Faktor –faktor yang mempengaruhi keputusan membeli
Tujuan kegiatan pemasaran  adalah mempengaruhi pembeli untuk bersedia membeli/menggunakan produk/barang/jasa yang di tawarkan (saat mereka membutuhkan)
Hal ini penting diketahui seorang manajer/tenaga pemasaran untuk memahami : mengapa dan bagaimanakah tingkah laku konsumen  tersebut demikian/seperti itu... jika perusahaan /kita tahu akan tingkah laku pembeli/konsumen maka  dapat dengan mudah untuk :
a.      Mempromosikan
b.      Mendistribusikan
c.       Menentukan harga
d.      Mengembangkan produk
Faktor faktor yang mempengaruhi keputusan pembeli  sangat beragam dan alasan kompleks:
Diantaranya:
1.      Kebudayaan/adat
2.      Kalas sosial/pendapatan/jabatan
3.      Lingkungan /komunitas kecil
4.      Keluarga
5.      Kepribadian
6.      Sikap dan kepercayaan
7.      Konsep diri
8.      Pengalaman
Selain itu  juga di perlukan suatu proses dan waktu

1.      Kebudayaan/adat
Kebudayaan adalah simbol dan fakta yang komplek yang di ciptakan oleh manusia dengan proses waktu , diturunkan dari generasi ke generasi sebagai penentu dan pengatur pola tingkah laku manusia dalam masyarakat yang ada
Simbol bersifat kentara: karya seni, pakaian, alat alat kesaharian, rumah, karya seni, makanan
Simbol tak kentara : sikap, pendapat, nilai nilai budi pekeri, bahasa, agama
Seiring kemajuan jaman ada perkembangan jaman sesuai kebudayaannya
2.      Kalas sosial/pendapatan/jabatan
Faktor sosial dapat di bedakan berdasar tingkat pendapatan, model perumahan/tempat tinggal, kendaraan.  Dan dapat di golongkan  menjadi :
Golongan atas             : pejabat tinggi dan pengusaha kaya/berhasil
Golongan menengah  : karyawan/pegawai instansi pemerintah dan karyawan tetap perusahaan besar, penguasaha menengah, pedagang besar/grosir dll
Golongan rendah        : karyawan /buruh pabrik, pedagang kecil, tukang-tukang, honor harian dll.
3.      Lingkungan /komunitas kecil
Dalam suatu komunitas ada rasa tolerasni/kebersamaan, atau persaingan dll . yang termasuk kelompok ini seperti perkumpulan profesi(buruh, pedagang pasar), agama, lingkungan tetangga, satu instansi, satu perusahaan. Satu sekolahan, dll
4.      Keluarga
Dalam keluarga banyak keinginan: untuk kelompok umur, anak anak, remaja, dewasa , janda duda, pengantin baru, berbeda dalam penentuan produk dan keinginan serta kebutuhan.
5.      Kepribadian
Masyarakat dengan berbagai kepribadian diantaranya berdasar yaitu:
Kegiatan aktivitas keseharian, pekerjaan,, minat, karakter pribadi

6.      Sikap dan kepercayaan
Kepercayaan mempengaruhi sikap dan sikap berpengaruh terhadap sikap... saling berhubungan dalam menentukan pembelian.
7.      Konsep diri
Merupakjan cara seseorang untuk melihat , merasakan dan memahami  tentang sesuatu hal. Jati diri seseorang dan jiwa idealismenya  pribadi atau orang lain menjadi pertimbangan yg mempengaruhi untuk membeli sesuatu.
8.      Pengalaman
Dengan pengalaman seseorang akan belajar dari produk/barang /jasa yang di peroleh .......... dari pengamatan, memakai/menggunakan, merasakan nya... maka akan menentukan seseorang untuk bertindak untuk membeli atau tidak
Tahapan seseorang dalam proses pembelian/pemakaian jasa produk/barang yaitu 
1.      Menganalisa keinginan dan kebutuhan (mendesak, pokok)
2.      Menilai sumber sumber dana yang ada (tunai /kredit)
3.      Menetapkan tujuan pembelian (primer, sekunder, tersier)
4.      Mengidentifikasi alternativ produk lain (perbandingan)
5.      Keputusan membeli
Motif seseorang dalam membeli/mengguankan barang /jasa
a.      Harga
b.      Model /Kegunaan
c.       Merk/Garansi ayg ditawaarkan/bahan
d.      Toko/swalayan/mall/ gallery yang menarik
e.      Kemampuan tenaga pemasaran mempengaruhi
f.        Lokasi dan pelayanan baik
g.       

2 komentar: